Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Inovasi Terbaru dari Gmail dalam Menangani Ancaman Peretasan

Inovasi Terbaru dari Gmail dalam Menangani Ancaman Peretasan


Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, keamanan informasi telah menjadi prioritas utama. Menghadapi ancaman siber yang semakin meningkat, tak heran jika perusahaan teknologi raksasa seperti Google berinvestasi lebih dalam untuk menjaga keamanan akun Gmail para pengguna mereka.


Google saat ini sedang fokus mengembangkan fitur keamanan baru yang akan diterapkan pada layanan Gmail. Tujuannya sangat jelas, yaitu mencegah upaya peretasan yang bertujuan mengakses dan mengubah pengaturan keamanan dalam platform ini.


Tambahan Keamanan untuk Ekosistem Google Workspace


Langkah besar ini diumumkan melalui laman resmi Blog Google, di mana perusahaan mengumumkan rangkaian perubahan yang berfokus pada peningkatan keamanan akun dalam ekosistem Google Workspace. Perusahaan ini secara khusus mengembangkan langkah-langkah keamanan yang melibatkan tindakan sensitif dalam Gmail, terutama terkait dengan:


  • Filter: Pengguna kini dapat membuat filter baru, mengedit filter yang telah ada, atau bahkan mengimpor filter untuk mengatur aliran pesan.
  • Forwarding: Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan alamat tujuan forward atau penerusan pesan baru melalui pengaturan Forward dan POP/IMAP.
  • Akses IMAP: Pengguna memiliki kontrol lebih terhadap status akses IMAP melalui pengaturan. Admin ruang kerja memiliki kendali penuh terhadap keterlihatan pengaturan ini bagi pengguna akhir.

Proses Evaluasi untuk Keamanan Ekstra


Ketika tindakan-tindakan tersebut dilakukan, Google akan menganalisis dengan cermat sesi yang mencoba melakukan langkah-langkah tersebut. Jika Google mendeteksi adanya potensi risiko, sesi tersebut akan diminta untuk verifikasi identitas dengan pesan "Verify it’s you" (Verifikasi bahwa Anda). Melalui penggunaan faktor kedua yang dapat dipercaya, seperti kode verifikasi dua langkah, pengguna memiliki kemampuan untuk memastikan keabsahan tindakan yang dilakukan.


Perlu diketahui bahwa fitur ini akan berlaku hanya untuk pengguna yang menggunakan Google sebagai penyedia identitas dan tindakan yang dilakukan dalam produk-produk Google. Pengguna SAML tidak akan dapat menikmati fitur ini pada saat ini.


Pengenalan Secara Bertahap


Google merencanakan untuk meluncurkan fitur baru ini secara bertahap demi memastikan pengalaman yang lancar dan tanpa masalah. Tahap awal pengenalan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2023. Untuk peluncuran penuh yang meliputi jangka waktu 1-3 hari guna memberikan visibilitas penuh terhadap fitur ini, dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 6 September 2023.


Dengan langkah-langkah inovatif ini, Gmail tidak hanya sekadar menjaga keamanan akun pengguna tetap terjaga, tetapi juga membuktikan komitmen Google dalam menghadapi tantangan keamanan siber dengan tekad yang lebih kuat. Para pengguna Google Workspace dan pengguna akun pribadi Google dapat bersiap-siap untuk menyambut fitur ini yang akan memberikan lapisan perlindungan tambahan dalam menjaga informasi sensitif mereka.

Open Comments